Medina Zein, Sang Reseller yang Menjadi Miliarder

Posted on

Di zaman sekarang anggapan orang tentang kesuksesan yang hanya akan diraih saat sudah berada di usia matang seperti nya sudah tidak berlaku. Banyak pengusaha yang berhasil meraih kesuksesan di usia yang tergolong masih muda. Salah satunya adalah seorang Medina Zein, Wanita kelahiran Bandung, 23 Mei 1992.

Berlatar belakang sebagai lulusan kebidanan Medina mengaku tidak punya darah atau keturunan sebagai pebisnis. Ia mengambil jurusan ilmu kebidanan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Budi Luhur Bandung pada tahun 2010-2012. Bukannya melanjutkan studi untuk bisa menjadi seorang profesional, Medina malah banting setir dengan mengambil kursus estetika medik di Jakarta pada 2012. 

Lewat kursus tersebut, banyak hal yang dipelajarinya terutama tentang kecantikan kulit, termasuk cara membuat produk kecantikan yang aman dan berkualitas.

Berbekal ilmu yang dimilikinya, ia memutuskan untuk terjun kedunia bisnis dengan membuka usaha kecantikan. Meski langkahnya ditentang oleh keluarga, namun ia yakin bahwa, jika ia mengejar dan berkarier sesuai fashion maka akan menghasilkan sesuatu yang diharapkan.

Berbekal modal yang dikumpulkan sendiri selama menjadi reseller produk kecantikan saat kuliah dulu, Medina mulai mendirikan klinik kecantikan kecil-kecilan di Bandung.

Dengan ketekunannya dalam mengembangkan usaha, kini Medina mempekerjakan lebih dari 300 karyawan dari yang mulanya hanya 3 orang saja. Selain itu klinik kecantikan yang dimilikinya ini tidak hanya ada di Bandung, namun juga merambah hingga ke Jakarta dan Makassar. 

Hebatnya lagi, Medina bahkan sudah memiliki pabrik sendiri di bilangan Bekasi khusus untuk memproduksi produk kecantikan yang ia pakai sebagai perawatan kliennya di klinik, dan juga dijual secara online di mana telah memiliki reseller dan distributor di seluruh Indonesia hingga luar negeri. 

Dalam satu bulan ia bisa memproduksi sekitar 10 ribu packs untuk satu jenis produk. Padahal sekarang ia sudah mempunyai lebih dari 150 macam produk.

Pada tahun 2014, Medina melebarkan sayap bisnisnya ke bidang butik, dengan nama MZ Boutique. Medina juga melihat peluang usaha dalam bidang travel agent yang kemudian diberi nama MZ Tour & Travel.

“Bagi saya yang nomor satu di bisnis itu adalah promosi. Jadi sejak awal saya gencar untuk promosi, dan saya memang menyiapkan bujet besar untuk promosi,” – Medina Zein

0 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.