Karier Politik Sang Bupati Cantik Asal Luwu Utara

Posted on

Indah Putri Indriani sang bupati cantik yang berasal dari kabupaten Luwu Utara, berhasil menjadi perempuan pertama yang berhasil menjadi kepala daerah di wilayah Sulawesi Selatan. Ia merupakan Bupati kabupaten Luwu Utara periode 2016-2021. Sebelum menjadi Bupati, ia menjabat sebagai wakil Bupati Luwu Utara periode 2010-2015 mendampingi Arifin Junaidi.

Disamping menjadi Bupati Kabupaten Luwu Utara, Indah Putri juga ditunjuk sebagai Ketua IKA (Ikatan Alumni) Pesantren Modern Datok Sulaiman. Sebelumnya ia juga tercatat sebagai staf pengajar program S1 & ekstension FISIP UI, dosen pascasarjana ilmu politik UI, dosen FISIP Universitas Bung Karno, dan dosen FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Pada pemilihan kepala daerah Kabupaten Luwu Utara periode 2016 – 2021, Indah Putri Indriani kembali terjun di dunia politik dengan mencalonkan diri menjadi Bupati dan berpasangan dengan Muh. Thahar Rum sebagai wakilnya. Indah resmi bertarung duel dengan pasangan petahana Luwu Utara, Drs. Arifin Junaidi dan wakilnya Andi Rahim. 

Pada pertarungan kepemimpinan daerah lima tahunan itu, Pasangan Indah Thahar (PINTAR) dinyatakan oleh KPU sebagai pemenangnya. Indah pun mencatat sejarah baru di pilkada di Sulawesi Selatan yakni perempuan pertama yang tercatat menjabat sebagai Bupati di provinsi tersebut.

Ia juga dikenal lewat programnya yang dikenal dengan nama “menginap semalam di desa terpencil” dimana program ini dikhususkan untuk pemerintah Kabupaten Luwu Utara dengan tujuan untuk mewujudkan program Negara ada untuk rakyat.

Selama dalam masa kepemimpinannya, Kabupaten Luwu Utara berhasil menyabet beberapa penghargaan baik penghargaan tingkat provinsi ataupun tingkat nasional. Di antara banyak penghargaan tersebut, diantaranya adalah penghargaan perencanaan terbaik tingkat Sulsel kategori inovasi bidang perencanaan, opini WTP oleh BPK bidang keuangan.

Percepatan pelayanan akta kelahiran gratis bidang kependudukan, kabupaten layak anak tahun 2017 dan 2018 bidang PP dan PA. Juara satu pengelola sistem informasi kesehatan teladan se-Sulsel bidang kesehatan, BKD Award sebagai pengelola kepegawaian terbaik Sulsel tahun 2018 dan puluhan penghargaan lainnya.

0 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.