Arab Saudi Kini Izinkan Pria dan Wanita Satu Pintu Di Restoran

Posted on

Selama beberapa dekade terakhir, Pria dan wanita diharuskan masuk lewat pintu berbeda ketika datang ke kafe atau restoran. Namun baru-baru ini pemerintah Arab Saudi menghapus aturan itu, kini tidak ada lagi pintu pemisah gender. Setiap pengunjung pria dan wanita boleh masuk dan keluar dengan satu pintu yang sama, bahkan kini pengunjung pria dan wanita boleh duduk satu meja.

Penghapusan aturan itu pertama kali diumumkan oleh Kementerian urusan kota dan pedesaan di twitter pada hari minggu, (8/12). Pengumuman yang berisi tentang pemerintah yang tidak lagi mewajibkan setiap restoran memisahkan pintu untuk pengunjung pria dan wanita. 

Belakangan sebelum aturan ini dicabut, hampir seluruh restoran, kafe, bahkan waralaba yang berasal dari belahan bumi barat pun, seperti starbuck, memiliki ruangan yang dikhususkan untuk kaum wanita yang keluar tidak ditemani oleh mukhrimnya atau saudara laki-lakinya. Sedang untuk kafe atau kedai-kedai kecil yang tidak memiliki ruangan pemisah, tak jarang bahwa pengunjung wanita yang keluar tanpa ditemani mukhrimnya tidak diperbolehkan masuk.

Sebetulnya sejak satu tahun belakangan sebelum aturan ini dicabut, sudah banyak restoran atau kafe yang mulai tidak mentaati aturan tersebut. 

Perubahan kebijakan itu muncul setelah Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) telah mencabut beberapa larangan bagi kaum perempuan, termasuk larangan mengemudi dan menghadiri hiburan bagi kaum perempuan.

Hal ini menambah daftar panjang dicabutnya kebijakan-kebijakan Arab Saudi yang bisa menghambat investasi dari dunia luar yang bisa menghadirkan peluang usaha baru. Selain aturan yang berkaitan dengan gender, Putra Mahkota Mohammed bin Salman juga membatasi kekuasaan polisi Agama di Negara itu, yang bertugas sebagai penegak norma sosial konservatif, seperti pemisahan gender di tempat umum.

 

Sumber berita : CNN Indonesia

Sindo News.com

0 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.