Restu Anggraini, dari EO hingga CEO

Posted on

Restu Anggraini atau yang kerap disapa Etu adalah satu lagi nama desainer busana muslim asal Indonesia yang berhasil menembus pasar internasional. Dia adalah Restu anggraini mengawali karirnya sebagai seorang Event Organizer atau EO, Sebuah lingkungan yang menuntut tingkat kreativitas tinggi. 

Tak lama dari itu, ia bersama dua sahabatnya memutuskan untuk membuat bisnis yang bergerak dibidang busana muslim. Bermodal tiga juta rupiah perjalanan wanita yang biasa di panggil Etu itu dimulai. Bersama dengan dua temannya ia mulai dengan memproduksi hijab.

Dalam menciptakan sebuah produk, ia dan rekan-rekannya tak ingin sembarangan. Mereka percaya bahwa produk yang baik akan menghasilkan respon pasar yang baik pula. Dan ternyata itu benar, setelah meluncurkan produk pertamanya ia mendapat respon yang baik dari pasar, namun ditengah perjalan dua rekannya memutuskan untuk mundur.

Bersahabat dengan kerja keras dan pantang menyerah berhasil mengantarkan nama Restu anggraini menjadi salah satu desainer perempuan ternama di tanah air. Dengan setidaknya dua brand yang ia ciptakan, RA by Restu Anggraini dan ETU. 

Di tahun 2014, Etu mendapatkan tawaran untuk mengisi slot di Jakarta Fashion Week. Tak hanya itu, ia juga berkesempatan bergabung bersama Indonesia Fashion Forward, yakni wadah bagi desainer muda untuk memiliki bekal dan akses ke pasar dunia. Hingga akhirnya label keduanya yang lebih eksklusif rilis, yakni ETU.

Kini dengan dukungan sekitar 30 karyawan dalam sehari Restu Anggraini bisa memproduksi 100-an potong pakaian. Sedangkan dalam sebulan menurutnya ia bisa menjual sekitar 1.000 potong dengan harga Rp 200-400 ribuan. Di ajang Mercedes-Benz Fashion Week Tokyo 2015 yang digelar 17 Maret yang lalu, Restu Anggraini sendiri mampu memukau hadirin dan memikat beberapa produsen dan desainer dari luar negeri.

Khusus Untuk brand ETU, ia bekerjasama dengan perusahaan tekstil berteknologi tinggi ternama asal Jepang, Toray Industries. Etu mengkreasikan satu material yang dinamakan Ultrasuede. Sedikit informasi, Ultrasuede adalah bahan berteknologi tinggi yang dibuat dengan teknologi ultra-microfiber untuk menandingi kualitas bahan kulit asli. Material yang juga dipakai label ternama seperti Halston Heritage, Issey Miyake, Uniqlo hingga Prada.

Bahan dengan tekstur mirip kulit ini dibuat dari material daur ulang yaitu polyester. Kelebihannya, meski tampak tebal bahan ini tetap nyaman dan mampu menyerap keringat dengan baik sehingga tetap sejuk saat dipakai.

Kini Restu Anggraini yang dulu bekerja sebagai EO kini telah menjelma sebagai CEO dari brand busana muslim dan fashion busana muslim ternama di tanah air.

0 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.