Di setiap Pengharapan Harus Ada Penghambaan

Posted on

Hidup tanpa asa adalah sia-sia, yang selanjutnya terjadi adalah rutinitas tanpa arah. Setiap manusia pasti memiliki mimpi dan harapan. Namun mimpi dan harapan akan tetap menjadi angan apabila tidak dibarengi oleh doa dan usaha. Doa dan usaha adalah dua hal yang saling melengkapi untuk mengantar kepada keinginan yang terkabul dalam kenyataan.

Harapan tanpa usaha tentu tidak akan pernah nyata, ibarat pepatah “seperti pungguk merindukan bulan”, alias suatu hal yang mustahil. Seperti Firman Allah SWT dalam surat  al-ra’d ayat 11, yang artinya “Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.”

Sesuatu besar yang terjadi di dunia ini kini, merupakan buah dari usaha orang-orang yang pernah bermimpi ribuan tahun lalu. Teknologi kedokteran yang hari ini kita kenal, merupakan buah dari mimpi yang diusahakan oleh Ibnu sina. Seperti pepatah “Usaha tidak akan pernah menghianati hasil”

Pun sebaliknya, sebesar apa pun usaha seorang hamba untuk mencapai kesuksesan mungkin akan terasa sia-sia apabila tidak dibarengi dengan doa, dengan pinta kepada yang Maha Memberi, Allah SWT.  Do’a memberikan kekuatan diri untuk lebih termotivasi berusaha keras mewujudkan impian.

Allah menjamin akan mengabulkan doa hamba-hambaNya yang berdoa dengan sungguh-sungguh, seperti yang telah dijelaskan dalam surat Al mukmin ayat 60. Yang artinya “Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku (berdoa) akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”.

Terkadang manusia terlalu PD, dengan usaha yang kita lakukan kita bisa mencapai semua yang kita impikan. Sedang kita lupa bahwa segala yang terjadi di dunia ini adalah karena atas Kehendak -Nya. Jika selama ini kita merasa segala doa dan usaha yang telah kita lakukan belum membuahkan hasil, maka bersabar dan bertawakal kepada Allah SWT. Adalah jawabannya.

Mungkin Allah punya rencana yang jauh lebih baik dari sekedar apa yang kita impikan selama ini. 

0 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.