Rashida Tlaib, Satu Lagi Muslimah Pengukir Sejarah Untuk Parlemen AS

Posted on

Rashida Harbi Tlaib, perempuan yang lahir di Detroit, Michigan, 24 Juli 1976 adalah seorang politikus dan pengacara asal Amerika Serikat yang merupakan anggota Dewan Perwakilan Amerika Serikat dari daerah pemilihan kongres ke-13 Michigan. 

Ia adalah anggota Partai Demokrat yang juga mantan anggota Dewan Perwakilan Michigan. Sampai masa jabatan habis, ia mewakili dapil 6, yang meliputi daerah Detroit Barat Daya dan membentang dari daerah tepat di selatan Pusat Kota ke perbatasan selatan kota, dan dari barat hingga ke kota Dearborn. Setelah menjabat pada tanggal 1 Januari 2009, Tlaib menjadi wanita Muslim pertama yang menjabat di Badan Legislatif Michigan, dan wanita Muslim pertama dalam sejarah yang terpilih menjadi anggota legislatif negara bagian di A.S.

Pada tahun 2018, Tlaib memenangkan nominasi Partai Demokrat untuk kursi Dewan Perwakilan Amerika Serikat dari dapil 13 Michigan. Ia terpilih tanpa lawan dalam pemilihan umum dan menjadi salah satu dari dua wanita Muslim pertama yang terpilih ke dalam Kongres, bersama Ilhan Omar (Demokrat-Minnesota), dan merupakan wanita Palestina-Amerika pertama di Kongres. Ia adalah anggota Sosialis Demokrat Amerika.

Bersama Ilhan Omar, ia menjadi wanita muslim pertama yang masuk sebagai anggota kongres AS. Wanita keturunan Palestina mencetak sejarah sebagai wanita muslim pertama yang duduk di Kongres AS. Ibu dua anak dan putri seorang imigran Palestina ini, pernah ditahan karena menginterupsi pidato Presiden Donald Trump.

Lahir dan besar di Detroit, Tlaib sebelumnya mencetak sejarah sebagai wanita muslim pertama yang terpilih duduk di parlemen negara bagian Michigan. Dia menjabat dari tahun 2009-2014. Tlaib yang seorang sarjana hukum ini, pernah bekerja sebagai pengacara.

Tlaib menyatakan pencalonannya menjadi anggota Kongres AS dilandasi alasan personal dan didorong oleh kecemasan putranya menjadi muslim di tengah meluasnya Islamofobia di AS. Selama ini, Tlaib mendukung upah setara untuk kaum perempuan, biaya kuliah gratis, layanan kesehatan publik, pencabutan larangan perjalanan Trump, perlindungan lingkungan dan reformasi imigrasi AS.

0 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.