Kini Perempuan Di Arab Saudi Bisa Check-in Sendiri

Posted on

Diberitakan oleh beberapa sumber, 6 Oktober 2019 lalu, kerajaan Arab Saudi kembali menerbitkan kebijakan baru yang berkaitan dengan perempuan. Setelah sebelumnya terbit kebijakan-kebijakan yang melegalkan perempuan untuk pergi tanpa harus ada izin wali, perempuan yang sudah diperbolehkan menyetir sendiri, perempuan boleh menonton pertandingan sepakbola di Stadion. Kini terbit kebijakan yang membolehkan perempuan untuk “ngamar” sendirian di hotel.

pihak otoritas pariwisata mengumumkan, perempuan warga Arab Saudi yang bepergian seorang diri diperbolehkan untuk menginap di hotel hanya dengan menunjukkan kartu identitas yang masih berlaku.Komisi Pariwisata dan Warisan Nasional Arab Saudi (SCTH) menyetujui aturan baru yang mengizinkan kaum wanita untuk menginap di hotel sendirian.

“Seluruh warga negara Saudi akan diminta untuk menunjukkan kartu keluarga atau bukti hubungan saat check-in di hotel. (Aturan) Ini tidak wajib bagi turis-turis asing,” demikian pernyataan SCTH. 

Aturan baru ini, sebut Reuters, tampaknya membuka jalan bagi setiap wanita untuk bepergian sendirian dengan lebih mudah di Saudi. Bagi wanita Saudi, nantinya hanya diwajibkan menunjukkan kartu identitas yang sah saat mem-booking atau check-in di hotel, sedangkan wanita asing cukup menunjukkan paspor.

Selain itu pemerintah Arab Saudi juga membuka pintu bagi wisatawan dan menawarkan visa turis untuk pertama kalinya pada 27 September 2019. Adapun penerbitan visa ini sebelumnya digunakan untuk peziarah Muslim, pekerja asing, dan penonton acara olahraga atau kebudayaan.

Kebijakan baru ini disinyalir menghidupkan perekonomian pariwisata di Arab Saudi.

Dilaporkan, kebijakan baru ini membuahkan hasil yang memuaskan. Dalam kurun waktu 10 hari setelah penawaran visa turis, sebanyak 24.000 turis berbagai negara datang ke Arab Saudi untuk berwisata.

0 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.