Keutamaan Membaca Al-Kahfi di Hari atau Malam Jumat

Posted on

Surat Al-kahfi adalah surat ke 18 yang terdiri dari 110 Ayat, termasuk ke dalam salah satu surat Makkiyah atau surat yang diturunkan di kota Makkah. Surat Al-kahfi juga adalah salah satu surat yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dibaca di hari atau malam jumat. Mengapa demikian? berikut beberapa keutamaan Surat Al-Kahfi jika kita baca di malam atau hari Jumat.

  1. Dapat melindungi kita dari dajjal dan segala fitnahnya

Nah, salah satu keutamaan dan manfaat dari membaca surat Al-Kahfi setiap hari Jum’at atau malam Jum’at salah satunya adalah menghindarkan kita dari fitnah keji Dajjal. Karena fitnah Dajjal sangat kejam, dan dapat membawa kita kepada kesesatan dan neraka Jahanam. Hal tersebut diperkuat dengan hadits berikut ini, “Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya.” (HR Dailami).

  1. Mendapat cahaya penerangan dari Allah SWT

Hidup kita dikatakan berkah dan tentram apabila ketika Allah SWT sudah meridhoi terhadap apa saja yang kita lakukan di muka bumi ini. Nah, salah satu manfaat membaca membaca surat Al Kahfi dengan rutin di hari Jum’at atau malam Jum’at adalah agar Allah selalu melindungi hidup kita dengan cahaya keberkahan dan petunjuk dalam kehidupan ini. Sehingga walaupun ujian dan cobaan datang, kita tetap sabar dan kuat menghadapinya. Dalam sebuah hadits diriwayatkan, “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

  1. Mendapat ampunan Allah SWT

Dosa dan salah seolah dua hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Karena setiap manusia tidak akan luput dari yang namanya salah dan dosa. Salah satu waktu yang paling baik saat memohon ampunan kepada Allah adalah di hari Jum’at, dengan taubatan nasuha yang tulus, serta membaca surat Al Kahfi. Dalam sebuah riwayat Dari Abu Sa’id al-Khudri ra., dari Ibnu Umar ra., “Rasulullah SAW bersabda, ‘Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum’at.’”

  1. Menghindarkan kita dari gangguan Setan

Setan dan segala keburukan yang dibawa olehnya adalah sebuah ancaman hidup yang harus kita waspadai. Karena jika kita telah jatuh dalam bujuk rayu setan dan termakan oleh semua godaannya, maka kita akan menjadi pengikut setan dan tergelincir dalam keburukan. 

Salah satu cara melindungi diri dari godaan setan dan segala keburukannya, menurut anjuran Rasulullah SAW adalah dengan membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at atau di hari Jum’at. Diriwayatkan dari Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa sebuah rumah yang dibacakan surat Al-Khafi dan surat Al-Baqarah tidak akan dimasuki setan sepanjang malam itu.

0 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.