Populasi muslim yang terus meningkat di Negeri Kangguru

Posted on

Populasi umat Islam di Australia terus bertambah seiring berjalannya waktu, dan salah satu daerah dengan kenaikan populasi muslim yang pesat terjadi di Tasmania. Berdasar pada sensus penduduk dari tahun 2011-2016 umat muslim Tasmania telah bertambah sekitar 46%.

Selain di dominasi oleh para imigran, para mahasiswa juga menjadi salah satu sumber signifikan yang mempengaruhi kenaikan jumlah muslim di Tasmania. Dilansir dari Republika.co.id, Ketua Dewan Multikultural Tasmania, Waqas Durrani, menyampaikan “Banyak siswa dari Pakistan, Iran, Irak, dan Arab Saudi semuanya menetap di sini dengan rencana untuk mendapatkan tempat tinggal permanen dan kewarganegaraan mereka karena Tasmania adalah tempat yang sangat indah dan ini adalah rumah,” katanya.

Namun, efek dari pertumbuhan pesat ini adalah terbatasnya tempat ibadah terbukti dari setiap kali shalat jumat yang dilaksanakan di Masjid satu-satunya yang ada di Hobart, Jamaah yang datang sudah mulai tak tertampung. Hal itu dikarenakan kapasitas Masjid yang hanya mampu menampung sekitar 300 jamaah harus dihadapkan dengan membludaknya jamaah yang mencapai sekitar 800 orang. Efeknya mereka harus rela merangsek hingga halaman masjid dan tempat parkir.

Hal tersebut dibenarkan oleh Wakil presiden Asosiasi Muslim Tasmania, Kazi Sabbir. Ia mengatakan “Ketika saya pertama kali datang ke sini, kami hanya memiliki tiga atau empat barisan pria saat sholat 5 waktu; tetapi sekarang, secara bertahap, seiring waktu jamaah harus sembahyang di luar,” .

Kazi Sabbir juga menambahkan, menurutnya memiliki tempat untuk beribadah sangat penting untuk membuat pendatang baru merasa diterima. “Mereka ingin berada di sini dan agama adalah bagian penting dari kehidupan mereka, jadi sangat penting kami membekali mereka dengan tempat-tempat di mana mereka bisa secara damai mempraktikkan agama mereka,” katanya.

Namun, perkembangan muslim di Australia tidak selamanya berjalan baik.Setelah kejadian keji di Christchurch dan pembantaian Port Arthur, komunitas muslim Tasmania kini merasa was-was. Seperti yang diungkapkan oleh salah seorang warga muslim Tasmania dimana kini ia merasa lebih rapuh dari sebelumnya. Selain itu kotak sumbangan yang berada di Masjid juga sering dibobol dan CCTV juga sering dirusak oleh pihak-pihak yang tidask bertanggung jawab menambah kekhawatirannya.

0 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.