Tips Mendapatkan Pahala di Bulan Ramadhan Bagi Wanita Yang Sedang Haid

Posted on

Bulan ramadhan adalah bulan mulia dan paling dinantikan oleh umat islam diseluruh dunia, karena dibulan ini Allah SWT melipat gandakan pahala dari tiap-tiap kebaikan dan ibadah yang kita kerjakan. Salah satu Ibadah dengan pahala tinggi adalah puasa.

Namun bagi wanita yang sudah mulai mengalami haid, tentu tidak mungkin untuk menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh. Selain itu, wanita yang sedang dalam keadaan haid pun tidak diperbolehkan ibadah yang lain seperti sholat dan atau berdiam diri di dalam masjid.

Tapi tenang hal itu bukan berarti wanita yang sedang mengalami haid tidak memiliki kesempatan untuk mendapatkan pahala dibulan suci Ramadhan ini. Karena berikut adalah amalan-amalan yang bisa dikerjakan oleh wanita saat sedang haid tapi tetap mendapat pahala dibulan suci Ramadhan. Lantas apa saja amalan-amalan itu?

  1. Memperbanyak berdoa

Berdoa adalah salah satu bentuk komunikasi seorang hamba kepada Sang Pencipta. Melalui doa kita bebas untuk memohon apapu kepada-Nya.

Ada momen yang sangat tepat untuk kita berdoa dan beribadah pada bulan suci Ramadhan ini, yaitu ketika momen malam Lailatul qadar. Malam lailatul Qadar adalah malam  yang lebih baik dari seribu bulan, oleh karenanya setiap ibadah yang kita kerjakan pada malam itu akan mendapat pahala yang berkali-kali lipat dari Allah SWT. Pun begitu dengan berdoa, semoga apa yang kita minta pada saat malam lailatul qadar, dikabulkan oleh Allah SWT.

  1.   Zikir

Zikir adalah kegiatan umat islam untuk mengingat Allah SWT, yaitu dengan memuji dan menyebut nama-Nya baik secara lisan ataupun batin.

Contoh dzikir yang paling utama adalah kalimat Laa illaha Illalahh uang berarti Tidak ada sesembahan yang benar dan berhak disembah kecuali Allah SWT saja.

  1.   Berbagi makanan dengan mereka yang berpuasa

Memberi makanan kepada orang yang berpuasa termasuk menolong dalam hal kebaikan. Bahkan Rasulullah bersabda “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”

  1.   Membangunkan Sahur

Makan sahur adalah salah satu ibadah sunah dibulan suci Ramadhan, Karena didalam sahur terdapat banyak keberkahan. Maka membangunkan orang sahur sama dengan membantu orang itu untuk menyempurnakan ibadah puasa.

  1.   Bersedekah

Sedekah adalah salah satu ibadah yang banyak mendatangkan pahala apalagi jika dilakukan dibulan suci Ramadhan. Bukan tentang seberapa besar yang kita berikan, yapi seberapa ikhlas kita memberikan

  1.   Mendengarkan Al-Quran

Wanita yang sedang haid tetap bisa mendengarkan alquran walau tidak boleh membacanya. Di Zaman seperti sekarang ini banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk mendengarkan lantunan ayat suci alquran secara mudah, Gadget misalnya.

  1.   Menuntut ilmu

Dalam sebuah hadis disebutkan jika orang yang menuntut ilmu maka akan dimudahkan jalan menuju surga oleh Allah SWT. kegiatan menuntut ilmu tidak pernah dibatasi baik itu saat kita dalam keadaan suci ataupun dalam keadaan haid, kapanpun bisa dilakukan.

Nah, itu lah amalan yang bisa di amalaan di bulan suci Ramadhan oleh wanita yang sedang dalam keadaan haid. Jadi tenang tak perlu takut untuk tidak mendapat pahala dibulan suci ini

0 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.