Resiko Penyakit Hati (Iri dan Hasud)

Posted on

Hasud atau iri dengki adalah satu dari sekian penyakit hati, orang yang memiliki sifat hasud akan selalu merasa susah ketika orang senang, dan senang ketika orang susah.

Seperti sabda Nabi yang diriwayatkan oleh Abu Dawud “Waspadalah terhadap hasud(iri dan dengki), sesungguhnya hasud mengikis pahala-pahala sebagaimana api melahap kayu.” (H.R Abu Dawud).

Hasud bisa menjadi sumber dari tumbuhnya penyakit-penyakit hati lainnya, namimah, gibah, fitnah, dan atau yang lainnya. Mengapa demikian ?. Karena orang yang memiliki sifat hasud akan senantiasa melakukan segala cara untuk menghancurkan nimat Allah SWT yang diterima oleh orang lain, ia akan merasa benci, tidak suka atau bahkan kesal melihat kenikmatan yang diberikan oleh Allah SWT kepada orang lain dan berharap nikmat tersebut hilang dari orang itu.

Maka berhati-hatilah, karena sebanyak apapun amal kita, sehebat apapun pengetahuan kita mengenai ilmu agama, namun jika kita memiliki sifat hasud yang tertanam didalam hati dikhawatirkan kebaikan-kebaikan tersebut akan menjadi sia-sia.seperti yang telah diingatkan oleh Rasullulah di dalam hadis diatas bahwa jika kita memiliki atau memelihara penyakit hati dalam diri kita, maka semua kebaukan yang pernah kita lakukan akan termakan sebagai mana api melahap kayu.

0 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.