7 Tips Berpuasa yang Sehat di Bulan Ramadhan

Posted on

Berpuasa di bulan Ramadhan, bukan hanya sekadar menahan lapar dan haus saja. Lebih dari itu, juga untuk melatih diri agar bisa mengendalikan hawa nafsu. Karena itulah, berpuasa yang baik, adalah berpuasa yang dapat memberikan berbagai manfaat. Termasuk manfaat untuk kesehatan.

Nah, bagaimana agar puasa kita tetap sehat. Berikut 7 tips sehat dalam menjalankan ibadah puasa:

  1. Makan dengan porsi normal

Banyak orang mengakhiri puasanya dengan makan yang banyak pada saat berbuka puasa. Penyebabnya, mungkin karena seharian tidak mengkonsumsi makanan dan minuman. Tapi makan yang berlebihan pada saat berbuka, justru bisa membuat perut terasa sesak. Karena itu, pada saat berbuka, selalu makan dengan porsi yang cukup. Porsi yang seperti biasa saja.

  1. Batasi makanan manis

Pada saat puasa, disarankan untuk membatasi makanan manis. Sebab, makanan manis bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Mengkonsumsi makanan manis pada saat berbuka bisa membuat tubuh lemas di siang hari.

  1. Perbanyak minum air putih

Minum air putih yang cukup dan teratur bisa membantu menjalani puasa dengan tenang, karena bisa mencegah terjadinya dehidrasi.

  1. Makan buah dan sayur yang banyak

Mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung karbohidrat bisa membantu dalam menjalankan ibadah puasa. Karena, dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak bisa membuat kenyang lebih lama dan membantu menjaga stamina.

  1. Minum vitamin

Pada saat menjalankan puasa, mengkonsumsi vitamin bisa membantu tubuh tetap sehat. Karena, vitamin bermanfaat untu menjaga tubuh fit dan juga meningkatkan system imun.

  1. Lakukan olahraga kecil

Agar menjaga kondisi tubuh tetap fit, mungkin melakukan olahraga bisa menjadi pilihan.

  1. Istirahat yang cukup

Kalau punya waktu luang saat menjalankan ibadah puasa, lebih baik diisi untuk istirahat agar tetap bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik.(*)

0 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.